IBX5B0A3CA409E1C Pengertian Norma, Jenis Norma, Sanksi Norma Beserta Contohnya - Yuk!Belajar

Pengertian Norma, Jenis Norma, Sanksi Norma Beserta Contohnya

Dalam bersosialisasi di lingkungan masyarakat kita harus berpegang dengan norma-norma yang ada, norma memiliki pengertian serta penjelasan yang sangat luas kerena banyak para ahli yang mengemukakan pendapatnya tentang norma. Norma merupakan sebuah  peraturan yang harus dipatuhi masyarakat, oleh karna itu dalam mengartikan sebuah norma akan terbagi-bagi. Berikut adalah pengertian Norma.

Pengertian Norma, Jenis Norma, Sanksi Norma Beserta Contohnya


Norma (kaidah) adalah ketentuan yang mengatur tentang tingkah laku atau perilaku manusia dalam masyarakat. Ketentuan tersebut mengikat setiap manusia yang hidup dalam lingkungan yang berlakunya norma tersebut, artinya setiap orang yang hidup dalam lingkungannya tentu ada norma yang berlaku dan kita harus menaatinya.

Di balik ketentuan tersebut ada nilai yang menjadi landasan bertingkah laku bagi manusia. Oleh karena itu, norma adalah ketentuan yang mengatur tingkah laku manusia yang berasal dari luar, sedangkan nilai adalah unsur di dalam norma atau unsur kejiwaan di balik ketentuan yang mengatur tingkah laku tersebut.

Pada umumnya norma hanya berlaku dalam suatu lingkungan masyarakat tertentu, lingkungan etnis tertentu atau dalam suatu wilayah negara tertentu. Ada pula norma yang bersifat universal (menyeluruh) yang berlaku di semua wilayah tanpa terkecuali, contohnya seperti larangan mencuri, memperkosa, membunuh, menganiaya, memperkosa, dan lain-lain. Di dalam masyarakat terdapat bermacam-macam jenis norma. Jenis-jenis norma antara lain:

Jenis-jenis Norma

1. Norma Agama

Norma agama adalah peraturan hidup yang meski diterima oleh manusia sebagai bentuk perintah ataupun larangan yang bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa dan bersifat dogmatis. Dogmatis merupakan ajaran yang harus dilaksanakan dan tidak boleh dikurangi ataupun dilebihkan/ditambahkan.

Bagi setiap pemeluk agama, meski mengakui dan meyakini jika peraturan yang paling benar adalah peraturan yang asalnya dari Tuhan Yang Maha Esa. Menurut pemeluk agama, norma agama ialah satu-satunya norma yang mengatur tentang peribadatan dalam rangka melaksanakan interaksi manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa.

Sanksi Norma Agama
Sanksi norma agama merupakan hukuman berupa siksaan di akhirat nanti yang asalnya dari Tuhan Yang Maha Esa. Jadi, sanksi norma agama tidak langsung diberikan di dunia, namun diperoleh setelah meninggal dunia. Untuk manusia yang tidak melanggar norma agama, ia akan memperoleh pahala, dan mendapatkan akan dosa apabila sewaktu hidupnya manusia tidak menjalankan perintah Tuhan Yang Maha Esa.

Contoh Norma Agama
  • Dilarang untuk mencuri
  • Dilarang untuk berzina
  • Dilarang berbuat riba
  • Dilarang membunuh
  • Dilarang berbuat jahat

2. Norma Kesusilaan

Norma kesusilaan adalah peraturan hidup yang ibaratkan sebagai suara hati sanubari manusia, tentang baik buruknya suatu perbuatan. Norma ini adalah sumber moral dan hati nurani manusia. Pelanggaran norma ini ialah pelanggaran terhadap perasaannya yang berakibat terhadap bentuk penyesalan, rasa malu dan menjadi rasa bersalah.

Norma kesusilaan merupakan bentuk peraturan-peraturan terhadap manusia sehingga membuat manusia menjadi manusia yang lebih sempurna.

Sanksi Norma Kesusilaaan
Sanksi norma kesusilaan ini biasanya bersifat tidak tegas, dan sanksi yang didapatkan adalah rasa malu, penyesalan dan rasa bersalah setelah bertindak melanggar.

Contoh Norma Kesusilaan
  • Tidak boleh mencuri barang milik orang lain
  • Berlaku dengan jujur
  • Tidak boleh berbuat bohong
  • Harus berbuat baik terhadap sesama manusia
  • Bertindak menghargai orang lain
  • Bertindak adil

3. Norma Kesopanan

Norma kesopanan adalah peraturan hidup yang timbul dari pergaulan segolongan manusia di dalam masyarakat dan dianggap sebagai tuntutan pergaulan sehari-hari dalam masyarakat tersebut. Norma ini timbul dan diadakan oleh masyarakat itu sendiri untuk mengatur pergaulannya, sehingga setiap anggota masyarakat bisa saling menghormati satu dengan yang lain.

Norma kesopanan merupakan bentuk pedoman dalam mengatur tingkah laku manusia terhadap manusia yang ada di sekitarnya. Di dalam masyarakat tertetu, kesopanan ditetapkan sebagai peraturan yang mengatur apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh untuk dilakukan oleh seseorang anggota masyarakat.

Norma kesopanan ini bersifat relatif, yang berarti apa yang dianggap sebagai norma keseopanan, berbeda-beda di berbagai tempat, lingkungan bahkan waktu. Sumber norma kesopanan ini berasal dari keyakinan masyarakat yang saling bersangkutan.

Sanksi Norma Kesopanan
Sanksi yang didapatkan oleh pelanggar ialah bisa dicela oleh sesamanya, sanksi ini bersifat tidak tegas, akan tetapi bisa diberikan dari dalam masyarakat itu sendiri yang bisa berupa cemoohan, bahkan dikucilkan dalam pergaulan masyarakat.

Contoh Norma Kesopanan
  • Memberi tempat duduk terlebih dahulu kepada wanita di dalam transportasi umum (bus, kereta api, dll) terutama bagi wanita yang sudah tua, hamil atau membawa bayi
  • Berkata dengan tutur kata lemah lembut, baik kepada yang lebih muda, sesama, bahkan lebih tua
  • Tidak berdesakan apabila memasuki ruangan
  • Tidak meludah di sembarang tempat
  • Tidak berkata kasar
  • Memberi salam atau bisa dengan menyapa

4. Norma Hukum

Norma hukum adalah peraturan-peraturan yang dibuat oleh badan atau lembaga yang berwenang untuk mengatur kehidupan manusia dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Isinya mengikat setiap orang dan pelaksanaannya bersifat memaksa oleh alat-alat negara. Dalam masyarakat tertentu, ada hukum yang berlaku sesuai lisan yang disebut dengan hukum adat.

Norma hukum berfungsi sebagai berikut :
  1. Melengkapi norma yang lain dengan sanksi nyata dan tegas.
  2. Mengatur hal-hal yang belum diatur oleh norma-norma lain.
  3. Norma hukum kadang mengatur hal-hal yang bisa bertentangan dengan norma yang lain. Contohnya, pengatur pelaksanaan hukuman mati, meskipun di dalam norma pada umumnya adalah dilarang untuk membunuh.
  4. Sumber dari norma hukum bisa berupa peraturan perundang-undangan, yurisprudensi, kebiasaan dan doktrin.
Sanksi Norma Hukum
Sanksi dari norma hukum ialah bersifat tegas dan memaksa. Contohnya, berupa penjara atau ditahan, didenda, bahkan hingga dihukum mati.

Contoh Norma Hukum
  • Setiap pejalan kaki harus melewati jalur lambat
  • Dilarang mencuri atau merampok
  • Dilarang membunuh

Demikian lah artikel tentang Pengertian Norma, Jenis Norma, Sanksi Norma Beserta Contohnya. Semoga Bermanfaat!

Sumber: http://www.habibullahurl.com/2016/01/pengertian-norma-dan-macam-macamnya.html
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top