IBX5B0A3CA409E1C Kunci Jawaban Uji Kompetensi tentang Ekosistem, Apakah gambar (a) dan (b)... - Yuk!Belajar

Kunci Jawaban Uji Kompetensi tentang Ekosistem, Apakah gambar (a) dan (b)...

Perhatikan Gambar 2.13 berikut ini.

Ekosistem Sawah dan Berbagai Permasalahannya


     Ekosistem sawah merupakan salah satu ekosistem buatan manusia yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Tumbuh-tumbuhan yang dikembangkan pada ekosistem sawah umumnya merupakan produk-produk pertanian, seperti padi. Namun, pada kenyataannya padi bukan hanya sumber makanan pokok bagi manusia, tetapi juga bagi makhluk hidup lainnya. Akibatnya, terjadi aliran energi dan materi dari padi ke beberapa makhluk hidup lainnya yang mengakibatkan menurunnya jumlah sumber makanan pokok manusia. Salah satu contoh makhluk hidup pemakan padi pada ekosistem sawah adalah serangga.

     Banyaknya serangga yang mencari makanan pada ekosistem sawah mengundang kehadiran katak pemangsa serangga. Akibatnya, para petani juga harus berhadapan dengan katak yang banyak berada di sawah. Hal ini tentu akan mengganggu aktivitas pertanian masyarakat. Oleh karena itu, petani melakukan banyak upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Berdasarkan uraian di atas, jawablah pertanyaan berikut dengan benar.

1. Jika para petani melakukan pemberantasan serangga, apa yang akan terjadi pada populasi padi dan katak? Jelaskan.
Yang akan terjadi dengan populasi padi dan katak yaitu populasi padi akan menambah dengan pesat karena tidak ada konsumen 1 yaitu serangga, dan populasi katak akan menurun, karena makanan katak sudah dibasmi oleh petani.

2. Apa saja yang mungkin memengaruhi keseimbangan ekosistem sawah tersebut? Coba identifikasikanlah 5 komponen abiotik yang ada.
Faktor-faktor yang mempengaruhi kesimbangan sawah tersebut adalah
1. Penggunaan pestisida yang berlebihan, karena dapat mengurangi populasi serangga.
2. Penggunaan pupuk kimia untuk meningkatkan hasi padi.
5 Komponen abiotik (benda tak hidup)
1. Tanah
2. Matahari
3. Bebatuan
4. Air
5. Udara

3. Apa yang akan terjadi jika produsen pada ekosistem sawah tersebut habis karena suatu bencana alam, misalnya terjadi banjir?
Yang akan terjadi jika produsen pada ekosistem sawah habis, maka populasi lainnya akan berkurang sehingga mereka akan mencari ekosistem baru untuk mendapatkan makanan dari produsen sehingga bisa bertahan hidup

4. Mengapa (padi, serangga, katak, ular, dan elang) dapat hidup di satu tempat yang sama, yaitu ekosistem sawah? Jelaskan jawabanmu berdasarkan Gambar 2.13.
Padi, serangga, katak, ular, dan elang dapat hidup di satu tempat yang sama dikarenakan adanya hubungan saling membutuhkan satu sama lain, atau adanya Simbiosis.

5. Apabila pada ekosistem sawah tersebut tidak ada ular, coba jawab hal-hal yang akan terjadi berikut ini.

a. Apa yang akan terjadi dengan populasi katak pada ekosistem sawah tersebut?
Yang terjadi pada populasi katak adalah meningkat drastis, dikarenakan tidak ada  pemangsa yang memakannya.

b. Apa yang akan terjadi pada populasi elang pada ekosistem sawah tersebut?
Populasi elang akan menurun bahkan habis, dikarenakan tidak ada makanan elang yaitu ular. Karena populasi ular sudah habis.

c. Apa dampak yang ditimbulkan pada aktivitas pertanian yang dilakukan oleh para petani pada eksosistem sawah tersebut?
Dampak positif yang ditimbulkan yaitu meningkatnya jumlah produksi padi, tidak lepas dari dampak negatif, aktivitas pertanian dengan penggunaan pestisida menyebabkan populasi serangga berkurang.

6. Perhatikan gambar berikut!


     Sebuah pabrik terletak berdekatan dengan sungai yang mengalir melalui perumahan. Pabrik ini beroperasi setiap hari. Penduduk perumahan yang terletak di sebelah timur sungai sering mengalami permasalahan iritasi pada mata mereka, sedangkan penduduk sebelah barat tidak mengalaminya. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Jelaskan.
Kemungkinan limbah pabrik yang dibuang kesungai itu menguap, dan uap tertiup angin yang mengarah ke sebelah timur, sehingga menyebabkan penduduk yang terletak di sebelah timur mengalami iritasi pada mata.

7. Gambar di bawah ini memperlihatkan contoh saling ketergantungan yang terjadi pada organisme perairan. Sepanjang hari, organisme-organisme tersebut memberi atau memanfaatkan (a) atau (b) seperti dalam gambar.


Apakah gambar (a) dan (b) diatas dapat mewakili saling ketergantungan organisme? Jelaskan.
Gambar (a) dan (b) menggambarkan adanya hubungan saling ketergantungan, dikarenakan:
Gambar (a) adalah ikan kecil dan ikan besar yang memerlukan sumber makanan dan tempat tinggal ikan-ikan kecil.
Gambar (b) adalah tumbuhan yang membutuhkan kotoran yang dikeluarkan ikan, dan mineral.
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top