IBX5B0A3CA409E1C Kunci Jawaban Uji Kompetensi Tentang Sel, Identifikasi Bagian sel - Yuk!Belajar

Kunci Jawaban Uji Kompetensi Tentang Sel, Identifikasi Bagian sel

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar.


1. Perhatikan gambar sel di bawah ini. Identifikasilah bagian-bagiannya.



2. Apa yang terjadi dengan sistem organ tertentu, jika salah satu organ penyusunnya mengalami kerusakan? Dapatkah sistem organ tersebut berfungsi dengan baik?
Sistem organ tersebut mungkin terganggu karena ketidakseimbangan fungsi organ-organ yang berfungsi, karena sistem organ dalam tubuh itu bersifat melengkapi satu sama lain. Misalnya sistem pernapasan dalam tubuh, jika paru-paru rusak maka sistem pernapasan tidak akan berfungsi.

a. Bagian sel manakah yang menjadi penentu sel tersebut menjadi sel hidup atau sel mati?
Bagian sel yang menjadi penentu sel tersebut hidup atau mati adalah Nukleus (Inti sel), ketika inti sel mati, maka seluruh komponen-komponennya akan mati

b. Apa yang terjadi apabila organ yang ditunjuk dengan huruf (I) pada Gambar 1.21 tidak berfungsi dengan baik?
Organ yang ditunjuk adalah organel plastida. Yang didalamnya terdapat kloroplas. Jika kloroplas tidak berfungsi dengan baik maka akan mengganggu proses fotosintesis dalam tumbuhan.

c. Bagian manakah yang disebut dinding sel? Mengapa sel ini memiliki dinding sel? Jelaskan.
Dinding sel ditunjukkan oleh huruf I, karena sel tumbuhan memiliki komponen-komponen penting sehingga harus dilindungi oleh dinding sel, selain itu tumbuhan memiliki bentuk tetap.
Fungsi dinding sel yaitu :
1. Melindungi sel
2. Memberikan bentuk sel
3. Transportasi zat yang diperlukan sel

3. Perhatikan gambar sistem pencernaan di bawah ini. Sebutkan bagian-bagian yang diberi tanda dengan huruf a sampai dengan r.



4. Mengapa mikroskop merupakan sesuatu yang sangat berguna untuk mempelajari sel? Jelaskan.
Mikroskop merupakan sesuatu yang sangat berguna untuk mempelajari sel dikarenakan mikroskop merupakan alat yang bisa digunakan untuk penelitian benda benda kecil terutama sel, sehingga mikroskop membantu kita dalam mempelajari struktur sel yang sangat kecil, yang tidak bisa dilihat oleh mata.
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top