IBX5B0A3CA409E1C Mengklasifikasi Teks Rekaman Percobaan "Jebakan Tikus Sederhana" - Yuk!Belajar

Mengklasifikasi Teks Rekaman Percobaan "Jebakan Tikus Sederhana"

Kegiatan mengklasifikasi teks merupakan suatu proses memahami teks sesuai pada karakteristik dari teks tersebut. Pada tugas kali ini jenis teks yang akan dipahami ialah teks rekaman percobaan. Teks rekaman percobaan adalah sebuah teks yang isinya tentang suatu percobaan yang dilakukan. Dalam sebuah percobaan tentunya memiliki tujuan, alat dan bahan, hasil, dan juga simpulan dari percobaan. Supaya dapat mengklasifikasi sebuah teks rekaman percobaan atau teks yang lain harus dilakukan dengan cara membaca teks tersebut dengan secermat mungkin. Jika diperlukan bacalah lebih dari satu kali maka daru itu kalian dapat memahami teks tersebut dengan baik. Catatlah kata-kata mana saja yang menurut kalian sulit dan apasaja data yang ada dalam teks rekaman percobaan tersebut.

Mengklasifikasi Teks Rekaman percobaan

Langkah pertama dalam mengklasifikasi teks rekaman percobaan yaitu melakukannya dengan menentukan struktur teksnya. Struktur teks merupakan struktur yang menjadi bangunan pada teks rekmanan percobaan. Teks rekaman percobaan mempunyai empat bagian struktur, diantaranya yaitu tujuan serta alat dan bahan, langkah-langkah, hasil, kesimpulan. Kelompokanlah beberapa kalimat yang membangun struktur teks tersebut. Klasifikasilah kalimat-kalimat yang membangun struktur teks rekaman percobaan yang berjudul Jebakan Tikus Sederhana.


Setelah struktur teksnya terbentuk langkah selanjutnya ialah mengklasifikasi kata-kata sulitnya, carilah kata-kata sulit yang ada dalam teks tersebut lalu temukan pengertiannya menggunakan (KBBI). Kemudian setelah pengertian teks ditemukan buat kalimat menggunakan kata-kata sulit. Berikut adalah teks rekaman percobaan nyang berjudul "Jebakan tikus sederhana"

Struktur Teks Rekaman Percobaan "Jebakan tikus sederhana"
StrukturIsi Teks
Tujuan serta
alat dan bahan
Tikus merupakan hewan pengerat yang sangat mengganggu. Oleh karena itu, harus ada cara untuk membasminya. Salah satu cara tersebut adalah dengan membuat jebakan tikus sederhana. Sebenarnya, saat ini cukup banyak pilihan untuk membasmi tikus, seperti menggunakan racun atau memakai alat elektronik. Namun, tidak ada salahnya mencoba membuat jebakan tikus yang ramah lingkungan. Salah satu jebakan tersebut dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Untuk membuat jebakan tikus sederhana seperti gambar di atas, bahan-bahan yang digunakan sangatlah sederhana dan tentu bisa didapat dengan mudah. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat jebakan tikus sederhana seperti gambar di atas.
1. Ember yang berukuran besar
2. Kaleng bekas
3. Kawat besi
4. Balok kayu kecil
5. Selai kacang atau selai lainnya
Langkah-langkahKalau sudah tersedia semua bahan seperti di atas, langkah pertama untuk membuat jebakan tikus sederhana adalah melubangi ember untuk menaruh kawat tersebut, kira-kira berdiameter 6 cm, dengan ketinggian kurang lebih ¾ dari ketinggian ember. Kedua, lubangi lagi ember tersebut di bawah lubang yang pertama tadi! Lubang yang ini dibuat lebih besar agar tikus dapat masuk ke dalamnya. Ketiga, buat jalan dari balok kayu kecil tadi menuju lubang yang lainnya! Keempat, buat juga lubang di kaleng bekas tadi tepat di tengah-tengah sisi atas dan bawahnya! Kelima, masukkan kawat tadi di lubang ember besar yang pertama! Kemudian disusul kaleng bekas tadi. Keenam, olesi kaleng bekas tadi dengan selai kacang! Jebakan yang kamu buat siap digunakan.
HasilSetelah melakukan langkah-langkah pembuatan, jebakan tikus sederhana dapat kamu gunakan. Kamu dapat meletakkan jebakan tersebut di gudang, dapur, kamar tidur, ataupun tempat-tempat yang banyak tikus. Jebakan ini hanya untuk menjerat atau menjebak tikus di dalam ember. Jebakan ini tidak membun*h tikus tersebut.
SimpulanJebakan tikus seperti di atas merupakan salah satu alat penjebak tikus dengan cara kerja yang ramah lingkungan tanpa harus menggunakan bahan kimia. Selain itu, cara ini dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan untuk membasmi tikus karena bahan-bahan yang digunakan hanyalah sebuah barang bekas.

Mencari kata-kata sulit
Setelah kalian mengetahui bagian-bagian dari teks rekaman percobaan yang berjudul "Jebakan tikus sederhana" kalian selanjutnya akan disuruh untuk mencari kata-kata sulit pada teks tersebut. Berikut adalah kata-kata sulit berdasarkan teks rekaman percobaan yang berjudul "Jebakan tikus sederhana".
NoKata-kata SulitDefinisi
1.Pengeratorang atau hewan yang mengerat;
2.Jebakanjebak; perangkap;
3.Elektronikalat yang dibuat berdasarkan prinsip elektronika;
4.Selaibubur dari buah-buahan yang dimasak dengan gula sampai kental
5.Racunzat (gas) yang dapat menyebabkan sakit atau mati (kalau dimakan, dihirup):
6.Kimiailmu tentang susunan, sifat, dan reaksi suatu unsur atau zat;
7.Membasmimemberantas; memusnahkan:
8.Diametergaris lurus melalui titik tengah lingkaran dari satu sisi ke sisi lainnya; garis tengah
9.Balokbarang yang menyerupai bentuk balok:
10.Ramahbaik hati dan menarik budi bahasanya; manis tutur kata dan sikapnya;

Setelah kalian mencari kata-kata sulit tersebut, kalian sekarang disuruh untuk membuat sebuah kalimat yang mengandung maknanya dari kata-kata sulit yang kalian temukan. Dengan begitu akan membuat pengetahuan kalian semakin bertambah mengenai kata-kata sulit. Berikut adalah contoh kalimat yang mengandung kata-kata sulit.
NoKata-kata SulitContoh Pada Kalimat
1.PengeratKehadiran Hewan pengerat di rumah tidak hanya menimbulkan risiko kesehatan yang serius tapi juga bisa merusak struktur bangunan.
2.JebakanAnda dapat juga menggunakan ranting yang kokoh dalam membuat jebakan ini, sesuaikan panjang yang diperlukan.
3.ElektronikKomponen-komponen Elektronika makin bervariasi dan jenisnya pun bertambah banyak
4.SelaiSelai kacang ini terbuat dari bahan dasar kacang tanah yang telah disangrai.
5.RacunRacun bereaksi pada tubuh sedemikian rupa sehingga menyebabkan gangguan pada aktivitas normal tubuh, yang kita katakan sebagai keracunan sampai dapat menyebabkan kematian.
6.KimiaZat kimia yang umum ditemukan sehari-hari antara lain adalah air, garam (natrium klorida), dan gula (sukrosa).
7.MembasmiJika tanaman kita terserang hama atau penyakit tanaman, maka hal pertama yang terfikir di dalam benak kita yaitu membasminya menggunakan pestisida.
8.DiameterDiameter rata-rata bulatan Bumi adalah 12.742 km, atau kira-kira setara dengan 40.000 km /π.
9.BalokIglo adalah rumah atau tempat tinggal sementara, berbentuk kubah dan dibangun dari balok-balok salju.
10.RamahPraktek dan filosofi umum dari hidup ramah lingkungan sangat terkait dengan prinsip-prinsip keseluruhan pembangunan berkelanjutan.

Menentukan data pada teks "Jebakan Tikus Sederhana"
Setelah kalian sudah mencari kata-kata sulit dan kalian sudah membuat kalimat berdasarkan kata-kata sulit tersebut, sekarang kalian akan disuruh untuk menentukan data-data yang ada pada teks yang berjudul  "Jebakan tikus sederhana". Kalian dapat menemukan banyak sekali data pada teks tersebut dan harus mentukan bagian mana kalimat tersebut. Berikut ini merupakan klasifikasi data dari teks  "Jebakan tikus sederhana".

NoDataSumber data dalam KalimatStruktur Teks
1.tikus, hewan pengerat, sangat mengganggu, cara untuk membasminyaTikus merupakan hewan pengerat yang sangat membantu. Oleh karena itu, harus ada cara membasminya.Tujuan serta
alat dan bahan
2.cara membuat, jebakan tikus, sederhanaSalah satu cara tersebut adalah dengan membuat jebakan tikus sederhana.
3.membasmi tikus, menggunakan racun, alat elektronikSebenarnya, saat ini cukup banyak pilihan untuk membasmi tikus, seperti menggunakan racun atau memakai alat elektronik.
4.membuat jebakan tikus, ramah lingkunganNamun, tidak ada salahnya mencoba membuat jebakan tikus yang ramah lingkungan. Salah satu jebakan tersebut dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
5.jebakan tikus, ramah lingkungan, Untuk membuat jebakan tikus sederhana seperti gambar di atas, bahan-bahan yang digunakan sangatlah sederhana dan tentu bisa didapat dengan mudah.
6.bahan-bahan, membuat jebakan tikus, Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat jebakan tikus sederhana seperti gambar di atas.
1. Ember yang berukuran besar
2. Kaleng bekas
3. Kawat besi
4. Balok kayu kecil
5. Selai kacang atau selai lainnya
7.bahan, langkah pertama, melubangi emberKalau sudah tersedia semua bahan seperti di atas, langkah pertama untuk membuat jebakan tikus sederhana adalah melubangi ember untuk menaruh kawat tersebut, kira-kira berdiameter 6 cm, dengan ketinggian kurang lebih ¾ dari ketinggian ember.Langkah-langkah
8.ember, lubang pertama, lebih besarKedua, lubangi lagi ember tersebut di bawah lubang yang pertama tadi! Lubang yang ini dibuat lebih besar agar tikus dapat masuk ke dalamnya.
9.jalan dari balok, lubang lebih besarKetiga, buat jalan dari balok kayu kecil tadi menuju lubang yang lainnya!
10.kaleng bekas, ditengah-tengahKeempat, buat juga lubang di kaleng bekas tadi tepat di tengah-tengah sisi atas dan bawahnya!
11.masukan kawat, lubang ember, kaleng bekas, selai kacangKelima, masukkan kawat tadi di lubang ember besar yang pertama! Kemudian disusul kaleng bekas tadi. Keenam, olesi kaleng bekas tadi dengan selai kacang! Jebakan yang kamu buat siap digunakan.
12.langkah-langkah pembuatan, jebakan tikus sederhanaSetelah melakukan langkah-langkah pembuatan, jebakan tikus sederhana dapat kamu gunakan.Hasil
13.meletakan jebakan, gudang, kamar tidur, dapurKamu dapat meletakkan jebakan tersebut di gudang, dapur, kamar tidur, ataupun tempat-tempat yang banyak tikus. 
14.jebakan, menjerat atau menjebak, ember, tidak membun*hJebakan ini hanya untuk menjerat atau menjebak tikus di dalam ember. Jebakan ini tidak membun*h tikus tersebut.
15.langkah-langkah pembuatan, jebakan tikus sederhanaJebakan tikus seperti di atas merupakan salah satu alat penjebak tikus dengan cara kerja yang ramah lingkungan tanpa harus menggunakan bahan kimia.Simpulan
16.meletakan jebakan, gudang, kamar tidur, dapurSelain itu, cara ini dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan untuk membasmi tikus karena bahan-bahan yang digunakan hanyalah sebuah barang bekas.
Sumber: http://www.mikirbae.com/2015/12/mengklasifkasi-teks-rekaman-percobaan.html
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top