IBX5B0A3CA409E1C Mengidentifikasi Teks Tantangan Berdasarkan Teks "Kebijakan Mobil Murah" - Yuk!Belajar

Mengidentifikasi Teks Tantangan Berdasarkan Teks "Kebijakan Mobil Murah"

Mengidentifikasi Teks Tantangan Berdasarkan Teks "Kebijakan Mobil Murah". Unsur kebahasaan teks tantangan merupakan unsur-unsur kebahasaan yang membangun teks tantangan tersebut. Teks tantangan mempunyai unsur kebahasaan yang membedakan dengan teks yang lain, atau dengan kata lain teks tantangan memiliki ciri-ciri kebahasaan yang khas. Ciri-ciri kebahasaan itu diantaranya adalah menggunakan kalimat sanggahan dan juga kalimat penolakan.

Kalimat sanggahan ialah kalimat yang mengungkapkan sebuah ketidaksetujuan terhadap suatu masalah, pembicaraan, ataupun kebijakan. Ciri kalimat sanggahan diantaranya, ditandai dengan pilihan kata kurang sependapat, perlu ditinjau kembali, belum sesuai, kurang tepat, dan sebaiknya.

Selain kalimat sanggahan teks tantangan menggunakan kalimat penolakan. Kalimat penolakan ialah kalimat yang berisi tidak setuju, kurang setuju, sependapat, kurang sependapat atau membantah dalam sesuatu hal. Ciri-ciri dari kalimat penolakan diantaranya, ditandai dengan pilihan kata tidak setuju, kurang setuju, tidak sependapat, menolak, ditolak, menentang, tantangan, membantah, bantahan, sanggahan, dan disanggah. Untuk lebih memahami bagaimana unsur kebahasaan teks tantangan silahkan baca kembali teks "Kebijakan Mobil Murah" di bawah ini.

Struktur Teks Tantangan "Kebijakan Mobil Murah"

Jenis KalimatContoh Kalimat
Isu (masalah)Pemerintah dalam waktu dekat akan mengeluarkan kebijakan pengadaan mobil murah. Mobil ini, rencananya, akan dioperasionalkan di wilayah perdesaan, Di samping murah, mobil ini dirancang ramah lingkungan. Supaya bisa berjalan dengan baik, pemerintah akan memberikan insentif pajak bagi pembelii mobil yang ramah lingkungan.
Argumen
menentang
Menurut berbagai kalangan, munculnya mobil murah dan ramah lingkungan adalah contoh kebijakan yang tidak dibahas secara komprehensif. Akhirnya, kebijakan itu dapat menimbulkan masalah. Awalnya, usul mobil murah itu dilontarkan tim pemerintah setelah studi banding ke India. Gagasannya adalah pemerintah membuat mobil murah untuk kawasan perdesaan. Namun, kini mobil yang muncul adalah mobil-mobil kecil yang bentuknya lebih mirip city car.
Argumen
menentang
Tidak mustahil, menurut berbagai kalangan, keberadaan mobil murah dan ramah lingkungan akan semakin meningkatkan subsidi bahan bakar minyak (BBM). Ujung-ujungnya, beban pemerintah untuk membeli minyak dari luar negeri semakin meningkat. Hal itu akan berujung pada beban rakyat. Dengan demikian, kita perlu berhitung-hitung, apakah kebijakan ini menguntungkan rakyat atau tidak?
SimpulanSebagai gantinya, pemerintah diminta memikirkan kebijakan strategis yang lain. Pakar transportasi menyarankan bahwa pemerintah lebih baik membangun infrastruktur transportasi laut dan udara karena Indonesia merupakan negara kepulauan.

Setelah kalian membaca teks tersebut dengan cermat kegiatan selanjutnya ialah mengidentifikasi apa unsur kebahasaan seperti yang telah disebutkan di atas tadi.

1. Kalimat Sanggahan
Ciri-ciri dari kalimat sanggahan, antara lain, ditandai dengan pilihan kata kurang sependapat, perlu ditinjau kembali, belum sesuai, kurang tepat, sebaiknya. Berikut adalah contoh dari kalimat sanggahan:
  • Mohon maaf, saya kurang sependapat dengan Anda.
  • Untuk menjaga kestabilan masyarakat, sebaiknya kebijakan menaikkan BBM ditunda.

2. Kalimat Penolakan
Ciri-ciri kalimat penolakan, antara lain, ditandai dengan pilihan kata tidak setuju, kurang setuju, tidak sependapat, menolak, ditolak, menentang, tantangan, membantah, bantahan, sanggahan, disanggah. Berikut adalah contoh dari kalimat penolakan:
  • Saya kurang setuju jika warga yang mempunyai mobil dan tidak mempunyai mobil ditarik uang keamanan yang sama.
  • Saya tidak sependapat dengan kebijakan pengurus RT yang akan menaikkan uang keamanan karena bersamaan dengan anak masuk sekolah.

3. Kalimat Pernyataan
Ciri lain dari teks tantangan adalah kalimat pernyataan atau disebut kalimat deklaratif. Kalimat pernyataan ialah kalimat yang ditandai dengan intonasi turun dan pada umumnya mengandung makna yang menyatakan atau memberitahukan tentang suatu hal. Dalam penulisan ejaan, biasanya diberi tanda titik pada bagian akhir kalimat.

Identifikasi Teks Tantangan Teks "Kebijakan mobil murah"

Identifikasi unsur kebahasaan dari teks "Kebijakan mobil murah". Setelah mengetahui contoh dari unsur kebahasaan teks tantangan, kalian diminta untuk mencari unsur kebahasaan berdasarkan teks "Kebijakan mobil murah".

1. Kalimat Sanggahan
  • Kebijakan itu dinilai tidak tepat sasaran dan akan memperparah kemacetan lalu lintas ibu kota 
  • Munculnya mobil murah dan ramah lingkungan adalah contoh kebijakan yang tidak omprehensif. 
  • Beban pemerintah untuk membeli minyak dari luar negeri akan semakin meningkat 
  • Namun, kini mobil mewah yang muncul adalah mobil-mobil kecil yang bentuknya mirip city car.
  • Tidak mustahil, menurut berbagai kalangan, keberadaan mobil murah dan ramah lingkungan akan semakin meningkatkan subsidi bahan bakar minyak (BBM).
Selain kalimat sanggahan kalian juga disuruh menentukan kalimat penolakan berdasarkan teks "Kebijakan mobil murah"

2. Kalimat Penolakan
  • Sejumlah kalangan meminta pemerintah mencabut insentif pajak untuk mobil murah dan ramah lingkungan 
  • Kebijakan tersebut akan menimbulkan masalah 
  • Pemerintah diminta memikirkan kebijakan strategis yang lain.
  • Ujung-ujungnya, beban pemerintah untuk membeli minyak dari luar negeri semakin meningkat.
  • Akhirnya, kebijakan itu dapat menimbulkan masalah.
Terakhir kalian diminta untuk mencari kalimat pernyataan berdasarkan teks diatas. Kalimat pernyataan hanya berisi sebuah pernyataan saja.

3. Kalimat Pernyataan
  • Pemerintah dalam waktu dekat akan mengeluarkan kebijakan pengadaan mobil murah.
  • Mobil ini, rencananya, akan dioperasionalkan di wilayah perdesaan, Di samping murah, mobil ini dirancang ramah lingkungan. 
  • Supaya bisa berjalan dengan baik, pemerintah akan memberikan insentif pajak bagi pembelii mobil yang ramah lingkungan.
  • Pakar transportasi menyarankan bahwa pemerintah lebih baik membangun insfrastruktur transportasi laut dan udara karena Indonesia merupakan negara kepulauan. 
  • Menurut berbagai kalangan, munculnya mobil murah dan ramah lingkungan adalah contoh kebijakan yang tidak dibahas secara komprehensif. 
  • Pemerintah dalam  waktu dekat akan mengeluarkan kebijakan pengadaan mobil murah. 
  • Disamping murah, mobil ini dirancang ramah lingkungan.

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top